Thursday, August 11, 2016

Angka adalah Anggoro Kasih

Dr. Angka lebih dikenal sebagai salah satu nama jalan di Purwokerto dibandingkan sebagai salah satu pendiri dan bendahara Boedi Oetomo. Jalan Dr. Angka merupakan jalan yang cukup dikenal masyarakat kota Purwokerto, di jalan ini terdapat dua rumah sakit besar serta sebuah hotel yang terkenal dengan hiburan malamnya. Proses pelebaran jalan Dr. Angka menuai kontroversi karena harus menebang sederatan pohon besar dan mengambil tanah penduduk di pinggir jalan.


Angka merupakan singkatan dari Anggoro Kasih (Selasa Kliwon), hari kelahirannya. Dilahirkan tahun 1887, Angka lulus STOVIA tahun 1912 dengan predikat Cum Laude. Sebagai dokter , Angka pernah bertugas di beberapa kota termasuk Banyumas dan Purwokerto. Setelah pensiun tahun 1949, bersama beberapa rekannya Dr. Angka mendirikan Apotik Sang Dwiwarna di paviliun kediamannya di Jalan Gatot Subroto (sudut perempatan Jalan A. Yani – Jalan Masjid) yang kemudian dijual tahun 1970 kepada orang lain.
Dr. Angka pernah diminta diminta untuk menandatangani “surat pernyataan pengakuan” sebagai perintis kemerdekaan untuk mendapatkan tunjangan, tetapi menolak dengan menjawab bahwa perbuatannya merupakan kewajiban dan tanggung jawab kepada pemerintah dan rakyat Indonesia tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Suatu sikap yang pada jaman sekarang ini merupakan suatu kemewahan.

No comments:

Post a Comment