Sunday, December 9, 2018

Tramhotel Poerwokerto


 Kredit foto: Google Street View

Berdirinya Stasiun Serajoedal Stoomtrammaatschappij (SDS) di desa Kranji Purwokerto Timur akhir abad ke-19 berdampak pada munculnya pusat keramaian baru. Salah satunya adalah berdirinya Tram Hotel yang terletak di Groote Postwerg, seberang Stasiun SDS.
Tramhotel yang berdiri tahun 1915 dan merupakan hotel milik S.D.S adalah hotel terbesar di Purwokerto, lebih besar dari Hotel Van de Beek di sebelah baratnya. Hotel ini berkapasitas 22 kamar tidur dengan harga rata-rata f 8 f 9 untuk single bed dan f 16.50 untuk double bed. Hotel ini tampaknya dibangun dengan tujuan sebagai hotel transit bagi penumpang kereta untuk tujuan Soerabaia maupun Batavia seperti iklan yang dipasang pada Koran Indische Courant tahun 1923.
Kini Tramhotel menjadi kantor PT. KAI Daerah Operasi V Purwokerto.




3 comments:

  1. Selamat siang, Mas. Saya Adi, tinggal di Jerman. Kebetulan di sini saya bertetangga dengan Bp. Van de Beek, putra dari pemilik hotel Van De Beek Purwokerto. Dia menikah dengan orang Jerman, maka tidak tinggal lagi di Belanda.
    Keluarga Van de Beek harus meninggalkan Indonesia di tahun 1950-an karena gerakan nasionalisasi dari Presiden Soekarno. Bp. Van de Beek kadang bercerita tentang masa kecilnya di Purwokerto.
    Di masa tuanya dia ingin tahu tentang hotel tempat usaha orang tuanya dulu. Karena Mas Alfian menyebut tentang Hotel Van de Beek di post ini, bisakah saya minta tolong Mas Alfian untuk memberi informasi tentang keberadaan Hotel Van de Beek saat ini, apakah sudah beralih fungsi atau malah sudah dirubuhkan?
    Jika memang ada informasi, akan saya ceritakan kepada Bp. Van de Beek. Beliau ingin sekali mengunjungi Purwokerto, namun karena faktor usia mungkin tidak kuat lagi. Kiranya Bp. Van de Beek akan senang mendapat sedikit cerita dari Purwokerto.
    Terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah ada peninggalan foto 2 saat di Purwokerto?

      Delete
  2. Maaf respon yang sangat terlambat mas Adi, kontak saya di +628122666260. Saya bisa memberikan sedikit update informsi

    ReplyDelete